Kunci sukses programmer adalah Jenggot

Bookmark and Share
 Apaan tuh judulnya aneh hee,, :D, Saya Lagi iseng aja main ke foum.dudung.net ,silahkan di baca :)

Artikel ini aslinya dari Tamir Khason, dia berpendapat bahwa sukses tidaknya bahasa pemrograman sangat tergantung dari jenggot pembuatnya. Tidak percaya? Coba kita lihat kembali sejarah perkembangan bahasa pemrograman di dunia ini,
1.thumbnail2.thumbnail3
Mereka ini adalah pencipta bahasa Fotran,Prolog dan Ada ( Lihat karena mereka tidak punya jenggot maka bisa kita lihat keadaannya sekarang ini .Siapa yang mau memakai Fotran,Prolog dan Ada sekarang. Sangat-sangat jarang kan! Bahkan saya sendiri belum pernah menyobanya kecuali Fotran waktu jaman kuliah. Bagi saya Fotran adalah bahasa yang paling tidak manusiawi ,bagaimana tidak? Error satu pesannya errornya tiga layar monitor!
Setelah itu lahir bahasa C. Bahasa ini sangat popular dan banyak digunakan oleh banyak programmer. Bahkan ada yang bilang ,sampai 100 tahun kedepan pun bahasa ini akan tetap digunakan oleh banyak orang. Mau lihat tampang pembuat bahasa C. ini dia! Dari kiri ke kanan (Kernigan, Ritchie and Thompson).

4.thumbnail5.thumbnail6.thumbnail

Kemudian kita lihat perkembangan selanjutnya, Smalltalk dan Simula adalah bahasa pemrograman berorientasi object yang pertamakali selain C++. Kita lihat perkembangan Smalltalk dan Simula,siapa yang pakai sekarang? Kemudian bandingkan dengan C++.Kalah jauh kan?. Kita lihat tampang pembuat-pembuatnya. Berikut ini adalah tampang dari pembuat Smalltalk dan Simula (Alan Kay dan Kristen Nygaard)

7.thumbnail8.thumbnail

bandingkan dengan pembuat C++,Bjarne Stroustrup (foto dibawah ini). C++ sampai sekarang adalah bahasa yang paling popular. C++ adalah bahasa pilihan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi besar seperti membuat operating system.

10.thumbnail9.thumbnail

ini adalah foto dari pembuat bahasa Basic (Thomas Kurtz.). Walaupun bahasa Basic sukses dari segi pengguna tetapi dari segi kejayaan ternyata masih kalah jauh. Perasaan enggak ada orang membuat aplikasi serius dan berat dengan Basic ya?


Contoh yang tragis lagi menurut saya adalah Visual Basic 6.0. Dari segi pengguna,VB adalah bahasa yang paling banyak digunakan oleh para programmer di planet ini.Tetapi lihat perkembangan akhir2 ini. VB adalah bahasa yang paling banyak dimaki-maki oleh para pengguna bahasa lainnya. Tidak object oriented-lah,atau tidak powerfull,tidak independent dan lain-lainnya. Bagaimana dengan VB.NET? bagi saya VB.NET adalah VB yang sudah tumbuh jenggotnya karena sudah mengadopsi fitur-fitur yang ada di C++ ,seperti inheritance, Overloading, dan Constructor Class.


111.thumbnail

Foto diatas adalah pembuat Perl (Larry Wall). Perl adalah bahasa scripting yang laris manis sebelum lahirnya PHP. Bahkan ada yang bilang PHP adalah kepanjangan dari People Hate Perl.
Akhirnya!! pertarungan besar abad ini (C# vs Java)

15.thumbnailVS16.thumbnail

Sebelah kiri adalah Anders Hejlsberg (C#) dan sebelah kanan adalah ..James Gosling (Java). Java adalah bahasa yang paling sukses saat ini setelah C++ tentunya. Mereka banyak pengikutnya. Apakah Microsoft dengan C# -nya akan dapat mengalahkan dominasi Java?
Anders Hejlsberg sendiri adalah salah satu arsitek Turbo Pascal,dan Delphi di Borland.
Kalau Turbo Pascal tentu kita sudah tahu bagaimana riwayatnya. Borland Delphi masih banyak penggunanya sampai sekarang,tetapi bagaimana jika Win32 benar-benar sudah tidak digunakan di sistem operasi Windows?. Delphi yang terbaru setahu saya adalah Delphi for Microsoft.NET. Jadi kesimpulannya, perkembangan Delphi selanjutnya sangat tergantung dengan kesuksesan .NET Platform atau dengan kata lain tergantung apakah C# bisa mengalahkan Java.
Jadi kalo menurut saya sih,mendingan Anders Hejlsberg dari sekarang mulai memelihara jenggot dan kumis biar bisa imbang dengan James Gosling!
Tambahan dari saya: ternyata Al – Khawarizmi, penemu algoritma itu berjenggot juga :)
202313088

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar